Selasa, 26 Maret 2013

Karya Wujud Dari Ide



IdeaSetiap manusia tentunya telah diberi kemampuan berpikir untuk menciptakan suatu karya, karena hal tersebut merupakan karunia dari sang Khalik sebagai bekal dalam mengelola bumi atau dapat disebut juga sebagai khalifah. Kemanfaatan ataupun kerugian dari adanya kemampuan manusia untuk berpikir itu tergantung pada setiap individu, ada yang menggunakannya di jalan yang bermanfaat, namun tak sedikit pula yang menggunakannya untuk merugikan sesama. Namun bagaimanapun dan apapun hasil karya dari seseorang, tentunya yang memiliki nilai manfaat harus dihargai sebagai sebuah prestasi, karena dalam membuat suatu karya diperlukan banyak sekali pemikiran dan pertimbangan, melakukan percobaan, menuai kritik, menerima kegagalan, hingga pada akhirnya karya itu tercipta.
Dalam sebuah karya,
hal yang memberinya nilai lebih adalah ide, karena ide merupakan cikal bakal dari tebentuknya sebuah karya. Menghargai sebuah karya
seseorang walau seburuk apapun karya tersebut berarti kita juga menghargai ide dari orang tersebut. Seringkali kita dengan mudahnya meremehkan ide dan karya seseorang, padahal kita tak pernah tahu bagaimana jerih payah orang tersebut untuk mewujudkan idenya. Selayaknya kita harus memberikan apresiasi, walau mungkin karya tersebut tidak terlalu bagus, maka kita juga bisa menyisipkan sedikit kritik, tentunya tidak dengan niat meremehkan tetapi dengan niat membantu, bahkan akan lebih baik lagi jika kita menambahkan solusi dari kritik kita tersebut.

Karya dari seseorang maupun kelompok bisa juga menjadi suatu media komunikasi untuk menunjukkan ide dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama mewujudkannya. Maka, karya-karya tersebut sebaiknya bukan hanya disimpan dan dibiarkan mangkrak tanpa guna, namun lebih baik bila ditunjukkan kepada orang lain, tentunya bukan dnegna maksud pamer, namun lebih kepada cara untuk  menyampaikan ide dan gagasan. Di era globalisasi ini, dengan munculnya berbagai teknologi canggih tentunya memudahkan manusia untuk saling berbagi dan menunjukkan karya-karyanya, selain itu juga banyak muncul berbagai event-event yang diselenggarakan sebagai ajang perlombaan dan bersaing secara sehat untuk menyampaikan berbagai ide kreatif melalui karya-karya yang positif. Maka sudah sepatutnya kita memanfaatkan karunia untuk berpikir ini untuk memunculkan ide-ide kreatif dalam  berbagai karya-karya positif sebagai usaha kita untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik dan melaksanakan peran kita sebagai khalifah di bumi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar