Rabu, 10 Juli 2013

Seminggu di Perahu Mimpi : Part 1



Tanggal 30 Juni 2013, kami peserta PIRN dari MAN Tulungagung 1, yaitu Huda(penulis sendiri), Nikmah, dan Pak Trijono berangkat dari terminal Gayatri Kabupaten Tulungagung pukul 05.00 WIB menuju Kabupaten Boyolali untuk mengikuti sebuah event Nasional yang sebelumnya tak terbayangkan apa yang akan terjadi di sana. Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) XII yang diselenggarakan oleh LIPI bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Boyolali, event itulah yang akan kami ikuti. Kami sampai di Solo, tepatnya di terminal Tirtonadi sekitar pukul 15.30 WIB dan ternyata diharuskan menunggu jemputan dari panitia yang baru datang pukul 17.15 WIB.
Kami akhirnya sampai di Asrama Haji Donohudan yang menjadi tempat kami dan peserta lainnya menginap selama satu minggu. Untuk pertama kalinya kami, khususnya penulis bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah, khususnya untuk kamar D4 lantai dua, penulis bertemu dengan Syahril dari Kediri (Kota sebelah sih), Udin sang tuan rumah, Taufiq dari Cimahi, Rendi dan Verdan dari Palu, Belly dari Samarinda, Adam dari Kalimantan Tengah, dan Emha dari Sorong. Sudah bisa ditebak, karena kami baru kenal jadinya kami ngobrol tentang berbagai hal (ngalor-ngidul bahasa Jawanya) sampai larut malam.
Ups, tapi sebelum itu ada salah satu acara yang telah dijadwalkan oleh panitia, yaitu Ice Breaking (bukan makan es lho ya), kegiatan ini dimaksudkan agar kami para peserta yang baru saja kenal jadi tambah akrab, jadi seumpama bagi yang masih malu-malu dan pendiam kayak es, bisa lebih akrab lagi. Di acara ini kami diberi semangat untuk terus mengikuti agenda-agenda acara yang telah disiapkan oleh LIPI selama kami mengikuti even PIRN ini, dan ditambah lagi dengan satu yel-yel, “PIRNAS !!!”, terus di jawab dengan “SIAPA TAKUT!!!”. Setelah itu kami para peserta dibagi menjadi beberapa delapan kelas, yaitu IPA A, B, C, IPS A, B, C, dan IPT A, B. Dalam kelas-kelas tersebut nantinya aka nada satu Instruktur dari LIPI yang akan menemani kami untuk melaksanakan penelitian dan pembuatan laporan, di sini penulis masuk ke kelas IPS B. Setelah acara Ice Breaking selesai kami pun kembali ke kamar masing-masing untuk beristirahat, tapi ya begitulah masih saja diterusin ngobrolnya, tapi selang beberapa menit kemudian para peserta, khususnya penghuni D4 lantai dua mulai berguguran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar